Rabu, 28 Agustus 2019

Pengemasan Produk


Kemasan Produk 

Pengertian Kemasan :
Wadah atau pembungkus yang berguna mencegah atau mengurangi terjadinya kerusakan-kerusakan pada bahan yang di kemas atau yang di bungkusnya.

Tujuan Pengemasan
Kemasan memenuhi syarat keamanan dan kemanfaatan
Kemasan melindungi produk dalam perjalanannya dari produsen ke konsumen.
Kemasan mendukung program pemasaran.
Kemasan merupakan suatu cara untuk meningkatkan laba perusahaan

Maanfaat Pengemasan
Produk yang di kemas biasanya akan lebih bersih,menarik,dan tahan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh cuaca.
Kemasan adalah satu-satunya cara perusahaan membedakan produknya(ciri pembeda produk)
Kemasan dapat menarik konsumen(menambah daya tarik)
Kemasan dapat menambah nilai jual produk.

Jenis Bahan Kemasan
Kemasan Kertas
Kelemahannya : Sifatnya sensitif terhadap air dan mudah di pengaruhi oleh kelembabab udara lingkungan.
Kemasan kayu
Kelemahannya: Ketersedian kayu yang mulai langka dan di anggap kemasan dari kayu menyebabkan masalah lingkungan.
Kemasan Plastik
Kelemahannya : Bahan plastik yang sulit terurai menyebabkan pencemaran lingkungan,maka di cari bahan plastik yang sintetis yang mudah terurai oleh alam dalam jangka waktu yang relatif lebih singkat

Teknik Penyajian dan Pengemasan
Perancangan Desain Kemasan
Persiapan Bahan dan Alat
Pembuatan Kemasan


EmoticonEmoticon