Perencanaan Usaha Kerajinan
Ide Sebagai Inspirasi Kewirausahaan
Budaya Sebagai Sumber Inspirasi
Analisa Peluang Usaha
Ide Sebagai Inspirasi Kewirausahaan
Ide dapat digerakkan secara internal melalui perubahan cara-cara atau metode yang lebih baik untuk melayani dan memuaskan pelanggan dalam memenuhi kebutuhannya.
Ide dapat di hasilkan dalam bentuk produk dan jasa
Ide dapat pula dihasilkan dari modifikasi pekerjaan yang dilakukan atau cara melekukan suatu pekerjaan.
Budaya Sebagai Sumber Inspirasi
Tradisi Budaya di kelompokan menjadi :
Tradisi budaya non benda
Contoh : puisi,syair,tarian daerah,upacara adat
Tradisi budaya artefak
Contoh : pakaian adat,alat music,rumah adat
Kedua Tradisi budaya tersebut tidak dapat di pisahkan keberadaannya karena saling melengkapi pada saat Tradisi tersebut di gunakan
Dari kedua tradisi budaya tersebut kita bisa menemukan inspirasi atau ide usaha kerajinan sesuai dengan tema kebudayaan.
Analisa Peluang Usaha
Proses Penjaringan Ide potensial penjadi peluang Bisnis di sebut screening.
Langkah analisa peluang usaha :
Mencipta Produk Baru dan Berbeda
Mengamati Pintu Peluang
Analisis produk dan proses produksi yang mendalam
Menaksir biaya awal
Memperhitungkan resiko yang mungkin terjadi
Menciptakan Produk Baru dan Berbeda
Produk atau Jasa Harus punya NILAI bagi pembeli.
Harus mengenal perilaku konsumen di pasar yaitu:
Permintaan terhadap barang atau jasa yang di hasilkan ?
Waktu penyerahan dan waktu permintaan barang dan jasa ?
Aspek Analisis :
Analisis demografi pasar
Analisis sifat dan tingkah laku pesaing (kompetitor)
Analisis bersaing pesaing (Kompetitor)
Kevakuman pesaing (kompetitor)
Mengamati Pintu Peluang
Mengamati Potensi Pesaing :
Kemungkinan Pesaing mengembangkan produk baru
Pengalaman keberhasilan dalam mengembangkan produk baru
Dukungan keuangan
Keunggulan-keunggulan yang di miliki pesaing di pasar.
Keadaan yang dapat menciptakan Peluang
Menurut Zimmerer :
Produk Baru harus di pasarkan dalam jangka waktu yang relative singkat
Kerugian teknik harus rendah
Pesaing tidak begitu agresif untuk mengembangkan strategi produknya
Pesaing tidak memiliki teknologi canggih.
Pesaing sejak awal tidak memiliki strategi dalam mempertahankan posisi pasarnya
Perusahaan baru memiliki kemampuan dan sumber-sumber untuk menghasilkan produk baru
Analisis Proses dan Proses Produk
Dalam membuat analisis usaha tahapan analisis proses dan analisis proses produk sangat penting karena hal ini untuk menjamin apakah jumlah (quantity) dan Kualitas produk yang di hasilkan memadai atau tidak.
Target Produksi harus tercapai sesuai estimasi waktu yang di tentukan dari awal perencanaan
Kualitas Barang yang dihasilkan juga harus sesuai dengan Quality Control yang sudah di tetapkan dari awal produksi melalui standar-standar tertentu.
Menaksir Biaya awal
Analisa beban usaha di mulai dari analisa memperkirakan biaya awal sesuai dengan perencanaan usaha yang akan di lakukan.
Analisa biaya dilakukan secara menyeluruh dari biaya tetap dan biaya tak tetap yang mungkin akan di keluarkan pada saat proses produksi tapi tetap harus rasional sesuai dengan nilai biaya yang umum dengan standar-standar tertentu yang di tetapkan.
Memperhitungkan Resiko
Kesamaan dan keunggulan produk yang di kembangkan.
Tingkat keberhasilan yang di capai pesaing dalam pengembangan produk
Seberapa besar dukungan keuangan pesaing bagi pengembangan produk baru
Macam Resiko
Resiko teknik adalah kegagalan dalam pengembangan produk
Resiko Finansial adalah kegagalan yang timbul akibat ketidakcukupan dana
Kebutuhan Sumber Daya
Sumber Daya Material (Bahan Baku)
Sumber Daya Financial (Uang)
Sumber Daya Manusia (SDM)
Sumber daya Informasi
1 komentar
Kesimpulan dari mendeskripsikan ide dan analisis peluang budayz nonbenda
EmoticonEmoticon